Senin, 06 Februari 2012

Arti Simbol Pernikahan Agama Kristen.

Symbol – Symbol Pernikahan.
1.Cicin
Cincin melambangkan kasih abadi Tuhan, sama seperti bentuk cincin tidak memiliki awal dan akhir. Simbol-simbol ini berdiri sebagai model cinta untuk suami dan istri yang baik berjanji komitmen mereka satu sama lain, dan karena mereka memakai cincin, mereka diingatkan cinta masing-masing.
2.Cadar
Cadar ditempatkan pada bahu pengantin pria dan di atas kepala pengantin wanita. Ini melambangkan peran yang diberikan dalam Efesus 6 - suami - untuk mengasihi istrinya seperti Kristus mengasihi dan memberikan nyawa-Nya bagi Gereja;. Untuk istri - untuk tunduk kepada kepemimpinan suami sebagai Kristus diakui sebagai kepala GerejaTanggung Jawab untuk kepemimpinan bertumpu pada bahu pria itu dan simbol penyerahan perempuan itu ditunjukkan dengan sempurna melalui simbol ini.
3.Kain Pengikat
Ini mengikat pria dan wanita, seperti yang terlihat di pernikahan pertama dalam Kejadian 2:27, "Untuk alasan ini seorang pria akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan istrinya, dan mereka akan menjadi SATU daging."Serikat yang ditampilkan juga memiliki aplikasi praktis untuk pasangan. Suami tidak harus menarik bagiannya dari kabelnya terhadap dirinya sendiri agar tidak menggantikan keunikan istri. Demikian pula, istri tidak harus menarik bagian nya kabelnya terhadap dirinya sendiri agar tidak menggantikan keunikan suami.
4.Alkitab
Upacara adat sering tidak memiliki elemen ini. Dalam pernikahan Kristen, Alkitab, yang adalah manual Allah bagi kehidupan, diberikan kepada suami. Penerimaan-Nya terhadap Alkitab adalah simbolis bahwa dirinya menerima peran menjadi pemimpin rohani keluarga. Sangat menarik untuk melihat dalam tujuh bab pertama dari Amsal bahwa mereka semua (kecuali satu pasal di mana disebutkan dalam ayat 8) dimulai dengan 'Anakku' atau kata-kata seorang ayah kepada anaknya. Hal ini tersirat bahwa ayah (suami) harus memimpin keluarga rohani - dalam mengajarkan Alkitab, pergi ke gereja, melayani di gereja, dll Simbol ini sangat penting dalam upacara pernikahan Kristen..
5. Lilin Persatuan
Matius pasal 5 memberi Kristen judul, "terang dunia." Sebagai pengantin pria dan pengantin wanita harus mengaku bahwa mereka adalah pengikut Kristus, maka ini berarti bahwa setiap kehidupan seseorang berfungsi sebagai terang bagi orang-orang di sekitar mereka. Namun, seperti sepasang suami istri, dan sebagai kehidupan mereka bersatu, pernikahan dan keluarga Kristen mereka sekarang akan berfungsi sebagai cahaya, misalnya, untuk rakyat dan keluarga mereka menghubungi. Yang ideal adalah bahwa pernikahan mereka akan menjadi kesaksian yang besar, kasih kesetiaan Allah dan kasih sayang.
6.Merpati
Burung merpati dalam tradisi Kristen terutama dipahami sebagai symbol kehadiran Roh Kudus yang mengingatkan kita pada peristiwa baptisan Yesus oleh Yohanis Pembaptis (Mat 3:16 bdk Mrk, Luk dan Yoh). Seekor burung merpati dengan sebuah ranting zaitun telah menjadi simbol universal untuk perdamaian dan mengingatkan pada kisah Nuh (Kej 8:11), di mana sehelai daun zaitun menjadi tanda bahwa air bah telah surut dan simbol untuk perjanjian Allah dengan umat manusia dan segala ciptaan-Nya. Kadang-kadang, dua ekor burung merpati juga digunakan sebagai simbol cinta kasih.
7.Hati
Dalam bahasa Indonesia, hati (secara harafiah/anatomis: lever) mengandung makna simbolis dengan apa yang diidentifikasi sebagai “jantung” dalam kebanyakan bahasa lain (misalnya bhs. Inggris: heart). Perbedaan ini mungkin disebabkan oleh perbedaan anggapan budaya tentang di mana terletaknya pusat simbolis kehidupan manusia. Hati mensimbolkan jiwa, nurani dan emosi manusia, dan jika digambarkan dengan gambar “love” ini, terutama menunjuk pada cinta kasih. Cinta yang dimaksud adalah cinta kasih Allah, persahabatan yang mendalam, dan juga cinta yang bersifat erotis.


*Syarat Pernikahan Dalam agama Kristen :
1.Surat Baptisan (kedua pasangan).
2.Foto Copy Surat Baptisan.
3.Foto (4 X 6) 2 lembar (per orang).
4.Konseling pra-Nikah.
5.Pemberitahuan nikah minim 3 bulan sebelum hari “H”.

Tidak ada komentar: